Kaum hawa sering sekali mendapat dua pilihan dalam hidupnya, yakni menjadi seorang ibu rumah tangga atau wanita karir. Namun di era modern ini, pilihan itu sudah tak jadi masalah karena sebagian besar wanita yang justru menyanggupi peran menjadi ibu rumah tangga sekaligus wanita karir. 

Meski begitu, terkadang kesibukan bekerja dan mengurus anak tetap sulit diimbangi. Itulah pentingnya kita harus mengetahui manajemen waktu ibu rumah tangga yang efektif. Dengan mengetahui manajemen waktu ibu rumah tangga ini, dijamin tak akan keteteran antara sibuk pekerjaan dan mengurus anak. Yuk, simak tips manajemen waktu ibu rumah tangga berikut ini.

Bagi Pekerjaan Rumah dengan Anggota Keluarga

Peran ibu di dalam rumah tangga memang sangat penting. Ia bertugas menjadi ibu yang mengurus anak-anak, menjadi istri belum lagi mengurus rumah tangga. Sudah sibuk menjadi ibu rumah tangga, pekerjaan di kantor juga harus dikerjakan pula. Meski peran wanita dalam rumah tangga ini begitu penting, bukan berarti semua pekerjaan harus dikerjakan sendiri, lho

Pekerjaan rumah ini bisa dibagi dengan anggota keluarga lainnya. Bagikan tugas rumah tangga ke suami dan anak-anak Anda. Dengan membagi pekerjaan rumah ini, setidaknya pekerjaan bisa jadi lebih ringan dan tentunya bisa terselesaikan tepat waktu. Poin plusnya adalah Anda mengajarkan tanggung jawab dan hidup mandiri ke anak-anak Anda.

Biasakan Diri dengan Membangun Rutinitas

Tips manajemen waktu ibu rumah tangga selanjutnya adalah membuat rutinitas. Dengan adanya rutinitas ini, kita tahu kapan saja harus melakukan waktu tertentu. Misalnya membersihkan rumah dilakukan dua hari sekali atau mencuci juga menyetrika setiap tiga hari sekali. 

Membangun rutinitas akan membuat Anda lebih terbiasa untuk membagi waktu pekerjaan, me time, dan bermain dengan anak. Jangan lupa untuk melibatkan anggota keluarga lain dalam membangun rutinitas agar semuanya dapat berjalan seiringan. Ingat, rutinitas ini akan sulit dilakukan kalau hanya dipatuhi satu orang saja.

Baca Juga :  5 Langkah Sukses Menabung DP KPR Rumah

Jangan Abaikan Diri Anda

Menjadi ibu rumah tangga sekaligus wanita karir adalah sebuah tantangan yang tak ada habisnya. Pasalnya, membagi waktu antara pekerjaan dan mengurus anak sangatlah sulit. Begitu sulitnya sampai banyak wanita yang lupa memberikan waktu untuk dirinya sendiri. Padahal, sesibuk apapun, jangan sampai Anda mengabaikan kebutuhan dan kesenangan diri sendiri. 

Tak perlu repot-repot, jaga diri Anda dengan tetap memiliki waktu istirahat yang cukup, me time dengan cara melakukan hal-hal yang Anda sukai, dan juga quality time dengan orang-orang tercinta. Dengan memberikan waktu untuk diri sendiri, tentunya Anda akan lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas.

Buat Skala Prioritas dan Timeline

Dalam manajemen waktu ibu rumah tangga, satu hal yang harus Anda lakukan adalah membuat skala prioritas. Skala prioritas ini dibuat berdasarkan apa yang paling mendesak dan penting, hingga mana yang waktu pengerjaannya paling menyita. Tentunya Anda harus mengerjakan yang paling mendesak atau yang paling penting terlebih dahulu. Setelah menentukan skala prioritas, langkah selanjutnya adalah membuat timeline.

Timeline ini dibuat untuk mengetahui kapan saja waktu melakukan pekerjaan dan selama apa satu pekerjaan dilakukan. Dengan membuat skala prioritas beserta timeline, pekerjaan yang ada di rumah pasti bisa terselesaikan dengan tepat waktu.

Coba Beralih ke Pekerjaan Freelance

Cobalah beralih ke pekerjaan freelance bila terasa tak ada tenaga yang tersisa lagi untuk mengerjakan semua tanggung jawab Anda. Dengan beralih ke pekerjaan freelance, waktu kerjanya tentu lebih fleksibel dibanding pekerjaan penuh waktu. Anda pun mendapat kesempatan untuk bekerja langsung dari rumah. 

Salah satu pekerjaan freelance yang bisa dilakukan adalah menjadi Accurate Partner. Untuk menjadi Accurate Partner, pendaftarannya gratis dan tidak terikat kontrak sama sekali. Fee yang didapatkan juga menarik, Rp1 juta per transaksi. Semakin sering Anda menjual Accurate Online, semakin besar pula pendapatan Anda. 

Baca Juga :  Tambah Uang Jajan dengan 6 Pekerjaan Online untuk Mahasiswa

Tenang, Anda juga akan dibantu oleh tenaga profesional yang siap menjawab pertanyaan di jam operasional. Satu lagi, Anda bisa bekerja kapanpun Anda mau. Jadi, pekerjaan sebagai Accurate Partner ini bisa dikerjakan setelah Anda selesai mengurus anak dan mengerjakan keperluan rumah tangga lainnya!

Tips manajemen waktu ibu rumah tangga ini sangat mudah diikuti, bukan? Jangan lupa, bagi yang ingin beralih ke pekerjaan freelance, langsung daftar menjadi Accurate Partner dengan klik di sini