Menabung 50 juta dalam setahun, memangnya bisa? Keraguan ini kerap menghampiri banyak orang bila ditantang untuk bisa menabung dalam setahun. Nyatanya hal ini sangat mungkin dilakukan, bahkan untuk seorang karyawan yang juga memiliki banyak pengeluaran. Menabung dengan jumlah yang besar ini memang terdengar mustahil. Apalagi tak semua karyawan bisa menabung dalam jumlah banyak karena tuntutan kebutuhan yang mendesak setiap bulannya. 

Meski penghasilan dan kemampuan menabung berbeda-beda, jangan patah semangat dulu. Nyatanya, ada berbagai macam cara menabung dan cara mendapatkan penghasilan tambahan supaya tercapai impian memiliki tabungan dengan jumlah 50 juta dalam satu tahun. Kuncinya adalah giat dan komitmen. Jika tidak, apapun tips dan cara yang ditempuh, tentu targetnya tak akan tercapai. Tanpa membuang waktu, yuk, simak cara menabung 50 juta dalam setahun selengkapnya berikut ini!

Menabung 20% Gaji Belum Cukup

Anda pernah mendengar teori anggaran 50/20/30? Cara menabung 50 juta dalam setahun ini dilakukan dengan membagikan pemasukkan ke pos-pos keuangan. Porsi 50% diperuntukan kebutuhan sehari-hari yang esensial, 20% untuk tabungan dan investasi, 30% sisanya untuk kebutuhan gaya hidup yang non-esensial. Namun, teori anggaran ini baiknya Anda modifikasi lagi. Sepertinya 20% untuk tabungan dirasa kurang jika ingin menabung 50 juta dalam setahun. 

Coba cari lagi mana pos pengeluaran yang bisa ditekan dan dialokasikan anggarannya ke tabungan atau investasi. Misalnya dari kebutuhan gaya hidup yang non esensial sebanyak 30% ini. Cobalah untuk menguranginya, misalnya cukup 15% saja. Sisa 15% lagi bisa Anda  alokasikan ke tabungan atau investasi. Meski begitu, jangan menghilangkan anggaran untuk gaya hidup Anda supaya Anda juga masih bisa menikmati hasil jerih payah dan menjadi pemicu untuk bekerja lebih keras lagi, ya.

Baca Juga :  6 Ide Kerja Sampingan di Rumah untuk Para Ibu Rumah Tangga

Lakukan Diversifikasi Investasi

Cara menabung 50 juta dalam setahun yang bisa dibilang efektif adalah mengumpulkan dana besar dalam jangka waktu pendek dengan investasi peer to peer (P2P) lending. P2P lending ini menjanjikan bunga yang lumayan tinggi, hingga mencapai 21% per tahun. Terbayang berapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan, kan

Selain dengan investasi P2P, Anda juga bisa memilih instrumen investasi lain seperti reksadana dan asuransi unit link untuk mengembangkan uang Anda. Nantinya, hasil uang yang didapatkan dari investasi ini bisa langsung dimasukkan ke dalam tabungan Anda.

Siapkan Rekening Khusus Tabungan

Begitu Anda bertekad menabung 50 juta dalam setahun, sebaiknya segera siapkan rekening khusus tabungan. Anda bisa langsung membagi 50% dari hasil gaji Anda untuk menabung di rekening khusus tabungan tersebut. Kalau sudah dipindahkan 50% begini Anda tentunya tidak akan bisa mengutak-atik dana tersebut dan menyesuaikan bagaimana sisa 50% ini harus bisa mencukupi kebutuhan selama sebulan. 

Saat memilih bank, pastikan memperhatikan biaya administrasinya. Pilih juga bank yang memiliki jenis tabungan yang membebaskan administrasi agar tabungan tidak berkurang. Lihat juga apakah bank tersebut memiliki bunga yang rendah atau tinggi.

Rajin Lacak Pengeluaran dengan Aplikasi Budgeting

Cara menabung 50 juta dalam setahun selanjutnya adalah menggunakan aplikasi budgeting. Di era digital ini, sudah banyak aplikasi budgeting yang memudahkan Anda membuat anggaran bulanan. Anda tinggal memberi anggaran keuangan dan secara otomatis aplikasi tersebut membagi anggaran ke pos-pos keuangan lainnya. 

Bahkan, beberapa aplikasi ini sudah cukup canggih hingga terhubung dengan rekening Anda. Rajin-rajinlah melacak pengeluaran dengan aplikasi budgeting supaya bisa menekan pengeluaran bila dirasa tidak penting.

Baca Juga :  6 Kerja Sampingan di Rumah Secara Online Tanpa Modal

Ambil Pekerjaan Sampingan yang Mudah

Jika merasa pembagian anggaran untuk tabungan terlalu tinggi sedangkan Anda sudah tidak bisa menekan pengeluaran lainnya, satu-satunya jalan adalah mengambil pekerjaan sampingan yang mudah. Pastikan juga pekerjaan sampingan ini tidak mengganggu waktu kerja utama Anda.

Anda bisa mempertimbangkan bergabung dengan Accurate Partner. Accurate Partner adalah agen atau mitra penjualan resmi dari Accurate Online, sebuah software accounting berbasis online. Untuk menjadi Accurate Partner, Anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk pendaftarannya. Fee-nya juga menarik karena jumlah transaksi yang semakin besar akan menghasilkan pendapatan yang semakin besar pula. Jangan khawatir, ada bantuan secara profesional yang siap membantu Anda! Waktu kerjanya juga bisa Anda atur sendiri, sehingga tak akan mengganggu pekerjaan utama Anda.

Yuk, bergabung dengan Accurate Partner supaya bisa menabung 50 juta dalam setahun! Info selengkapnya klik link di sini.