Jurnal penutup merupakan bagian dari ayat jurnal yang dibuat pada akhir periode akuntansi untuk menutup akun sementara.

Jurnal penutup melibatkan pemindahan saldo akun akun pendapatan dan beban, modal melalui ikhtisar laba rugi dan pemindahan saldo akun prive ke akun modal.

Tujuan Jurnal Penutup

Jurnal penutup bertujuan untuk mengatur ulang saldo akun sementara (temporary account) atau saldo nominal (nominal account) menjadi nol. Dengan begitu, pada periode selanjutnya semua saldo nominal jumlah saldonya nol.

Akun sementara harus ditutup, untuk menghindari kerancuan laporan keuangan.

Fungsi Jurnal Penutup

1.Menghitung jumlah laba/rugi dari akun pendapatan dan beban.

2.Me -nol-kan saldo akun sementara ke akun modal untuk pencatatan periode berikutnya.

3.Menghitung modal akhir periode.

Akun pendapatan yang ada pada laporan laba rugi dicatat di debit dan mengkredit ikhtisar laba/rugi dengan jumlah yang terdapat di akun pendapatan.

Akun biaya-biaya di kredit dengan jumlah masing-masing yang terdapat di laporan laba/rugi dan mendebit ikhtisar laba rugi sebesar total biaya.

Perkiraan prive dengan jumlah yang terdapat di kolom neraca di kredit dan mendebit akun modal dengan jumlah yang sama.

Jika perusahaan memperoleh laba, jurnal yang dibuat adalah jumlah laba dengan perkiraan ikhtisar laba rugi di debit dan mengkredit akun modal dengan jumlah yang sama. Begitupun sebaliknya jika perusahaan mengalami rugi.

Membuat Jurnal Penutup

Akun Pendapatan

Yang dimaksud pendapatan adalah hasil atau penghasilan yang diperoleh perusahaan. Terdapat 2 jenis pendapatan yaitu pendapatan usaha yang merupakan pendapatan yang berhubungan langsung dengan kegiatan usaha perusahaan dan pendapatan di luar usaha yang merupakan pendapatan yang tidak berhubungan langsung dengan kegiatan usaha.

Menutup seluruh akun pendapatan dengan cara memindahkan rekening akun pendapatan ke rekening ikhtisar laba/rugi.

Baca Juga :  Pengertian, Tujuan, Sampai Pentingnya Mengetahui Market Share

Akun Beban

Pengertian beban sendiri adalah pengorbanan yang terjadi selama melakukan kegiatan usaha untuk memperoleh pendapatan. Ada dua jenis akun beban yaitu beban usaha yang merupakan pengorbanan langsung untuk kegiatan usaha dan beban lain-lain yang merupakan beban yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan usaha.

Menutup seluruh akun beban dengan cara memindahkan rekening akun beban ke ikhtisar laba/rugi.

Ikhtisar Laba/Rugi

Menutup seluruh akun ikhtisar laba/rugi dengan cara memindahkan saldo ikhtisar laba/rugi ke akun modal. Di sini ada dua kondisi yang bisa terjadi, laba (pendapatan lebih besar dari beban) atau rugi (pendapatan lebih kecil dari beban).

Akun Prive

Menutup akun prive (penarikan modal oleh pemilik, biasanya hanya terjadi pada perusahaan berskala kecil). Caranya dengan memindahkan akun prive ke akun modal.

Jurnal Penutup yang disusun tergantung dari bentuk perusahaan, baik itu berupa PT, CV, firma, ataupun perusahaan perseorangan, karena struktur modal dari jenis perusahaan di atas tentu saja berbeda.

Bantuan Software

Membuat jurnal penutup yang sedemikian ruwet, kini dapat lebih mudah dengan bantuan software akuntansi Accurate Online, segala jenis pencatatan, pembukaan, maupun pajak dapat diakses dengan mudah jika menggunakan Accurate Online.

Yuk simak fitur lengkapnya disini: https://joinreseller.id/