Kita ketahuilah bahwa membangun bisnis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Banyak aspek yang harus dipertimbangkan,termasuk market share salah satu acuan untuk membangun strategi dalam mengembangkan bisnis.

Ulasan kali ini akan membahas tentang, penting mengetahui apa itu market share dan tujuan dari market share itu sendiri, simak ulasannya disini:

Yang dimaksud dengan market share adalah bagian dari semua permintaan atau demand terhadap suatu produk tertentu. Melalui informasi tersebut, perusahaan mampu mendapatkan gambaran mengenai golongan konsumen berdasarkan ciri tertentu, sebagai contoh, penghasilan, usia, jenis kelamin, pendidikan, hingga status sosial.

Market share juga dapat didefinisikan sebagai bagian atas suatu pasar yang dikuasai oleh sebuah perusahaan serta seluruh potensi jualnya, dan biasanya ditunjukkan dalam persentase. Selain itu, pangsa pasar juga dapat diartikan sebagai nilai seluruh persentase penjualan sebuah perusahaan yang didapat dari beberapa sumber dengan jumlah total produk yang ada di sebuah industri tertentu.

Dengan mengetahui market share dari sebuah industri, perusahaan mampu mengetahui data demand atau permintaan dari konsumen di industri tersebut. Dengan begitu, perusahaan dapat mengetahui besar kecilnya potensi penjualan saat sudah terjun ke dalam industri tersebut.

Tujuan Market Share

Dijadikan sebagai indikator khusus terhadap daya saing pasar dengan tujuan untuk mencatat seberapa kuat performa perusahaan dibandingkan dengan kompetitornya, sekaligus mengetahui potensi perkembangannya.

Sebagai alat metrik guna melengkapi pengukuran sebuah perubahan dalam penjualan dan pendapatan. Di sisi lain, alat metrik ini juga mampu membantu manajer untuk melakukan evaluasi demand utama dalam pasarnya.

Melalui market share pula perusahaan mampu menilai berbagai hal, seperti, perkembangan pasar, pelanggan, tren pasar, serta kompetitor yang bergerak di industri bisnis serupa. Di lain sisi, kerugian yang terjadi pada pangsa pasar dapat menjadi indikasi mengenai masalah serius dan berjangka panjang dalam perusahaan. Sehingga mampu menjadi alasan untuk mengubah kembali strateginya sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Baca Juga :  First Jobbers, Ini 5 Tips Agar Diterima Kerja Saat Interview

Pemanfaatan pangsa pasar pada dasarnya cukup dijadikan sebagai fondasi untuk mengukur performa sebuah perusahaan yang sedang bersaing. Hal ini berguna untuk meningkatkan sistem perusahaan agar mampu menciptakan serta merumuskan kebijakan yang berlandaskan pada pertimbangan matang. Dengan begitu, setiap kebijakan yang diambil oleh perusahaan mampu memberikan dampak yang diharapkan.

Pentingnya Mengukur Kekuatan Market Share

Market share adalah satu indikator penting bagi perusahaan untuk mengukur tingkat performanya dibanding dengan para kompetitornya. Sebagai contoh, saat sebuah perusahaan memasang target market share sebesar 10 persen, maka dibutuhkan biaya periklanan sejumlah 50 juta.

Jika nantinya perusahaan tersebut mampu mencapai target pangsa pasar sebesar 10 persen tadi, artinya performa perusahaan dinilai bagus. Sebaliknya, saat market share yang didapat kurang dari 10 persen, dapat diartikan bahwa performa periklanan atau pemasarannya tidak efektif dan efisien.

Terdapat sejumlah faktor yang mungkin menjadi penyebab gagalnya target market share ini diraih. Beberapa di antaranya adalah:

1.Pangsa pasar yang terlalu tinggi.
2.Kompetitor bisnis bertambah.
3.Daya saing perusahaan menurun.
4.Aktivitas promosi yang tak sanggup mencapai atau salah menyasar target pasar.

Cara mudah membangun dan mengetahui market share dengan Accurate software akuntansi simak disini: https://joinreseller.id/