Banyak yang bilang kalau tingkat pendidikan itu menentukan kesuksesan seseorang. Pernyataan ini tidak 100% salah, tetapi bukan berarti tidak memiliki ijazah itu jadi vonis seseorang tidak akan sukses. Nyatanya, ada sejumlah pekerjaan tanpa ijazah yang terbukti menguntungkan. Bahkan banyak juga kisah sukses dari orang-orang yang memulai pekerjaan tanpa ijazah ini sampai sekarang menjadi orang terkenal. Berikut ini informasi lengkapnya.

Makeup Artist

Jenis pekerjaan tanpa ijazah yang pertama adalah menjadi makeup artist. Jangan salah, siapa saja baik itu pria maupun wanita bisa menanjak karier sebagai makeup artist, lho. Kamu juga tidak diharuskan untuk mengambil kursus makeup atau punya sertifikasi resmi. Hal terpenting adalah kamu punya minat yang tinggi terhadap industri kecantikan dan mau terus belajar.

Coba saja mulai beli beberapa produk makeup yang dasar, seperti kuas, foundation, concealer, mascara, eyeshadow palette, eyeliner, lipstick, dan tentu saja pensil alis. Kamu bisa mulai belajar makeup dengan merias diri sendiri, lalu tingkatkan lagi dengan merias anggota keluarga atau teman kamu. Jangan lupa untuk foto hasil riasan kamu dan upload ke media sosial sebagai portofolio.

Fashion Stylist

Selain menjadi makeup artist, pekerjaan tanpa ijazah selanjutnya di bidang kecantikan adalah menjadi fashion stylist. Mungkin masih banyak orang yang meragukan jenjang karier menjadi makeup artist dan fashion stylist. Padahal, kedua profesi ini sangat dicari-cari terutama di industri hiburan seperti TV, film, teater, dan majalah.

Kalau kamu suka mengikuti berita seputar tren fashion dan percaya diri dengan kemampuan kamu untuk memadupadankan pakaian serta aksesoris, profesi menjadi fashion stylist bisa kamu tekuni. Upload outfit of the day (OOTD) hasil styling kamu di media sosial untuk mendapatkan exposure. Siapa tahu, ada calon klien yang tertarik dengan gaya berpakaian dan sense of fashion milik kamu.

Baca Juga :  Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Begitu Punya Anak

Graphic Designer

Profesi ini memang lagi tinggi minat. Banyak juga mahasiswa yang mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) demi mewujudkan cita-cita menjadi graphic designer. Namun, jangan berkecil hati dahulu karena ternyata graphic designer termasuk jenis pekerjaan tanpa ijazah yang bisa kamu coba. Apalagi kalau kamu punya selera visual yang bagus dan cukup mahir dengan komputer.

Sekarang ini, ada banyak lowongan pekerjaan full time, intern, dan freelance graphic designer yang tidak memandang sertifikat maupun ijazah. Asalkan kamu punya portofolio desain yang mumpuni, maka kamu pun bisa bekerja sebagai graphic designer. Ingatlah untuk terus berlatih dan penuhi portofolio kamu dengan karya-karya yang jempolan.

Broker Real Estate

Kamu pasti tahu seberapa mahal harga properti sekarang di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Harganya bisa menyentuh ratusan juta hingga miliaran rupiah! Nah, menjadi broker real estate tidak memerlukan ijazah sama sekali, tetapi kamu perlu memiliki lisensi agen properti.

Caranya, daftarkan diri dan ikuti serangkaian tes dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Broker Properti. Setelah mengantongi lisensi, kamu bisa bergabung menjadi broker di kantor agen properti. Kamu bisa langsung berjualan lewat media sosial atau website jual-beli properti, nih.

YouTuber

Banyak orang yang ingin mengikuti jejak Atta Halilintar menjadi YouTuber dengan pendapatan fantastis. Apakah kamu salah satunya? Tidak ada syarat sama sekali untuk menjadi YouTuber, siapa saja bisa melakukannya. Kuncinya, kamu kreatif dan punya kemampuan di bidang video editing. Keterampilan ini bisa juga kamu pelajari secara otodidak karena ada banyak video tutorial edit video di YouTube juga.

Lalu, kamu juga perlu modal yang sebetulnya tidak sedikit, yaitu kamera dan laptop. Kabar baiknya, kamu juga bisa mulai dengan kamera ponsel yang cukup baik. Jika kamu mau menjadi YouTuber, gali lagi potensi dan minat kamu. Misalnya kamu jago berbahasa Inggris, mungkin kamu bisa buat channel belajar bahasa Inggris.

Baca Juga :  5 Barang Persiapan Kuliah yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Baru

Accurate Partner

Selain profesi-profesi di atas, pekerjaan tanpa ijazah yang terakhir adalah menjadi Accurate Partner. Di sini, kamu bekerja menjadi agen penjualan Accurate Online, sebuah aplikasi keuangan yang sekarang sudah digunakan oleh lebih dari 400 ribu pelaku bisnis di Indonesia. Apa saja keuntungannya?

Pertama, kamu bebas mengatur jadwal kerja dan tidak perlu datang ke kantor. Kedua, kamu akan dapat pelatihan gratis dan bahan materi promosi yang akan mempermudah kamu untuk berjualan. Ketiga dan yang paling penting, kamu tidak akan dikenakan biaya dan tidak perlu tanda tangan kontrak!

Untuk setiap penjualan yang berhasil, kamu akan mendapatkan Rp500 ribu. Lalu, kamu akan mendapatkan tambahan Rp500 ribu di bulan ke-3 setelah penjualan tersebut. Lumayan banget, kan? Yuk, gabung jadi Accurate Partner sekarang juga.