Jenjang pernikahan adalah dambaan dari semua pasangan yang menjalin komitmen serius antara satu sama lain. Hari bahagia ini sangat ditunggu-tunggu dan biasanya dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Tentu saja semua persiapan pernikahan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Biaya pernikahan yang besar inilah yang kadang membuat banyak pasangan jadi ragu untuk maju ke pelaminan. Jangan sedih, simak 7 tips berikut ini yang akan membantu kamu mewujudkan hari bahagiamu!

Buka Rekening Tabungan Khusus

Jika kamu sudah berkomitmen untuk segera menikah, kamu bisa mulai mengumpulkan biaya pernikahan dengan membuka tabungan khusus. Sesuai dengan namanya, tabungan ini dikhususkan untuk menyimpan biaya pernikahan kamu. Tabungan ini bisa kamu buka secara pribadi atau dengan membuka tabungan bersama dengan pasangan.

Sebelum membuka tabungan, sebaiknya kamu dan pasangan tentukan dulu target nominal yang harus disetor setiap bulannya. Hal ini penting agar kamu dan pasangan selalu aware akan jumlah tabungan khusus dan bisa menentukan deadline untuk mengumpulkan biaya pernikahan.

Catat Anggaran Pernikahan

Setelah membuka rekening khusus, selanjutnya kamu harus mulai membuat anggaran biaya pernikahan. Usahakan anggaran ini dibuat sedetail mungkin agar kamu bisa menabung sesuai dengan biaya yang akan dikeluarkan. Alokasi terbesar di biaya pernikahan tentu jatuh pada biaya sewa gedung, biaya baju pernikahan, dan biaya catering. Namun, jangan sampai lupa untuk memasukkan biaya cetak undangan, biaya seragam keluarga, sampai biaya beli souvenir ke dalam anggaran biaya pernikahan kamu.

Sisihkan 15%-30% Gaji

Berkaitan dengan menabung, kamu harus tentukan porsi gaji yang akan kamu sisihkan untuk disetor ke rekening tabungan biaya pernikahan. Porsi gaji ini pun sebaiknya kamu sisihkan segera setelah menerima gaji, sehingga tidak akan mengganggu pengeluaran lainnya. Besarnya porsi gaji ini pun harus kamu sepakati dulu dengan pasangan. Pada umumnya, porsi gaji yang disisihkan untuk biaya pernikahan kamu bisa mencapai 15%-30%. Tidak terlalu berat, kan?

Baca Juga :  Begini Cara Mengumpulkan Dana Darurat Bagi Anak Muda

Misalnya kamu menerima gaji Rp7 juta per bulan, maka kamu bisa menyisihkan Rp1-2 juta setiap bulannya untuk disetor ke rekening tabungan pernikahan. Jika pasangan memiliki gaji yang sama, maka setiap bulan kamu dan pasangan sudah bisa menabung setidaknya Rp4 juta. Dalam waktu 3 tahun saja, tabungan kamu sudah bisa mencapai Rp192 juta. Jumlah ini bisa membiayai sewa gedung dan catering untuk pernikahan kalian.

Hemat Biaya Kencan dengan Pasangan

Supaya kamu dan pasangan bisa dengan cepat mencapai target tabungan pernikahan, mau tidak mau kalian harus mulai menghemat biaya kencan. Jika setiap minggu kamu dan pasangan pergi nonton dan makan di restoran mahal, batasi pengeluaran konsumtif seperti ini agar tidak lagi boros. Sebagai alternatif, kamu bisa menonton film di rumah bersama pacar. Tradisi makan di restoran mahal pun bisa diganti dengan menyantap makanan rumah yang dimasak bersama kekasih.

Cari Rekomendasi Vendor Dari Teman

Agar bisa menghemat biaya pernikahan, kamu bisa meminta rekomendasi vendor dari teman-teman terdekatmu. Teman-teman yang sudah menikah pasti punya informasi lengkap soal vendor mana saja yang menawarkan paket murah dengan kualitas layanan yang baik. Akan lebih baik lagi jika kamu memiliki teman yang bekerja sebagai vendor pernikahan, sehingga kamu bisa lebih nyaman dalam bernegosiasi harga.

Lakukan Investasi

Selain menabung, kamu juga bisa mengumpulkan dana pernikahan dengan melakukan investasi. Berbeda dengan menabung, investasi berpeluang untuk memberikan return yang lebih besar dalam jangka waktu yang pendek. Uang yang ditanam dalam investasi juga tidak akan gampang terpakai untuk biaya lain. Buat kamu yang belum terlalu paham dengan investasi, bisa memulai dengan investasi berisiko rendah seperti investasi emas dan reksa dana pasar uang.

Baca Juga :  Mau Kuliah Sambil Kerja? Begini Caranya Agar Kamu Tidak Keteteran

Tambah Pundi Uang dengan Kerja Sampingan

Supaya target dana pernikahan kamu segera tercapai, satu solusi yang bisa kamu ambil adalah mencari tambahan pendapatan. Dana ekstra ini bisa kamu dapatkan dengan mengambil pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan utama kamu. Cobalah cari jenis pekerjaan sampingan yang jadwalnya fleksibel, sehingga bisa kamu lakukan setiap lagi ada waktu senggang.

Salah satu contoh pekerjaan sampingan tanpa modal yang mudah untuk dilakukan adalah menjadi Accurate Partner. Sebagai Accurate Partner, kamu akan menjadi mitra penjualan resmi sebuah accounting software bernama Accurate Online. Keunggulan dari Accurate Partner adalah kamu tidak perlu membayar biaya pendaftaran dan tidak terikat oleh kontrak. Tunggu apa lagi? Segera cek laman Accurate Partner dan daftarkan diri kamu sekarang juga!