Apapun jenis dan skala usaha yang hendak Anda jalankan, semuanya pasti membutuhkan modal. Ya, bahkan usaha rumahan sekali pun. Anda tetap membutuhkan modal untuk menyiapkan bahan baku hingga biaya promosi nanti. Masalahnya, tak dapat dipungkiri bahwa mendapatkan modal usaha merupakan hal yang cukup menantang, terlebih jika Anda membutuhkannya dalam jumlah banyak. 

Walau begitu, bukan berarti hal tersebut mustahil dilakukan. Sebetulnya ada cukup banyak cara mendapatkan modal usaha yang bisa Anda coba. Apa saja cara-cara tersebut? Cari tahu beberapa di antaranya berikut ini.

Memakai tabungan pribadi

Bisa dibilang ini merupakan cara mendapatkan modal usaha yang paling aman. Namun, memang prosesnya tidak sebentar karena Anda harus menyisihkan sebagian pemasukan untuk tabungan modal usaha. Tentu semakin banyak uang yang disisihkan, maka modal usaha akan lebih cepat terkumpul.

Sebagai alternatif tabungan biasa, mungkin Anda bisa mengalokasikan uang tersebut ke instrumen investasi seperti pasar uang, saham, atau obligasi yang umumnya menawarkan potensi keuntungan lebih tinggi dari tabungan bank biasa. 

Meski begitu, perlu diingat bahwa Anda tetap perlu menyisihkan uang untuk kebutuhan sehari-hari. Jangan sampai uang Anda dihabiskan untuk tabungan modal bisnis, tetapi kebutuhan sehari-hari jadi tidak tercukupi. Lakukan budgeting setiap bulan untuk memastikan tiap kebutuhan pengeluaran ter-cover dengan baik. 

Menjual aset pribadi

Bagaimana jika Anda butuh mendapatkan modal usaha dalam waktu cepat? Jika kondisinya seperti ini, menjual aset pribadi bisa menjadi salah satu solusi untuk dipertimbangkan. Beberapa contoh aset pribadi yang bisa dijual sebagai cara mendapatkan modal usaha adalah tanah, properti, kendaraan bermotor, atau perhiasan.

Namun, ingatlah bahwa Anda tetap tidak boleh gegabah dalam mengambil keputusan ini. Pertimbangkan dulu setiap untung dan rugi dari penjualan aset tersebut. Jangan sampai nantinya Anda justru jadi direpotkan karena harus mengurus banyak hal.

Baca Juga :  Mau Tahu Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun? Ini Tipsnya 

Mengajukan pinjaman

Opsi ketiga ini biasanya diambil apabila seseorang tidak memiliki tabungan maupun aset yang bisa dijual untuk modal usaha. Jika berniat melakukan cara ini, pastikan Anda juga telah menyusun rencana yang realistis untuk mengembalikan pinjaman tersebut dengan tepat waktu. 

Nah, layanan pinjaman di bank umumnya terdiri dari dua jenis, yakni kredit multiguna (pinjaman dengan pinjaman) dan kredit tanpa agunan (KTA). Idealnya, kredit multiguna dibarengi dengan penyerahan salah satu aset Anda sebagai jaminan. Jika Anda berhasil melunasi pinjaman beserta bunganya, maka jaminan tersebut akan dikembalikan kepada Anda.

Sementara itu, KTA memungkinkan Anda untuk mengajukan pinjaman tanpa menyerahkan jaminan ke bank. Namun, karena tidak ada jaminan, biasanya KTA menyertakan bunga yang relatif lebih tinggi. Jadi, pikirkan baik-baik sebelum mengajukan pinjaman bank sebagai cara mendapatkan modal usaha.

Daftar KUR

Sebagai salah satu bentuk komitmen pemerintah Indonesia dalam mendukung kemajuan UMKM, dibentuklah program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Melalui KUR, Anda bisa mengajukan kredit atau pembiayaan usaha dengan bunga relatif rendah karena adanya subsidi dari pemerintah. Demi mewujudkan program KUR ini, pemerintah telah bekerja sama dengan sejumlah bank ternama di Indonesia. Tentunya ada pula sejumlah syarat dan ketentuan yang harus Anda penuhi agar bisa mengajukan KUR. 

Cari angel investor

Angel investor adalah orang yang memiliki kekayaan bersih dalam jumlah besar dan kerap memberikan modal untuk para pemilik usaha. Itulah kenapa ia disebut angel atau malaikat. Angel investor bisa bergerak secara individu atau bergabung dengan para angel investor lainnya.

Umumnya, mereka tidak akan segan mengucurkan dana bagi para pengusaha yang membutuhkan modal selama Anda mampu memberikan proposal bisnis semenarik mungkin. Di sinilah tantangannya karena tentu bukan hanya Anda yang membutuhkan modal dari mereka.

Baca Juga :  Jenis-jenis UMKM Menurut Undang-Undang yang Berlaku

Cari sumber pendapatan baru

Poin yang satu ini masih berhubungan dengan poin pertama. Apabila memang ingin mempercepat proses menabung modal usaha, maka Anda bisa mencari sumber pendapatan baru agar ada lebih banyak uang untuk ditabung.

Banyak opsi untuk Anda eksplor, salah satu yang cukup menjanjikan adalah dengan menjadi Accurate Partner, yakni agen atau mitra penjualan resmi Accurate Online. Accurate Online adalah aplikasi keuangan berbasis web yang sangat user-friendly dan telah digunakan ratusan ribu pelaku bisnis di Indonesia. Tanpa skill akuntansi pun, Anda tetap bisa menjual Accurate Online dengan mudah.

Kabar baiknya lagi, Anda tak perlu keluar biaya apa pun untuk mendaftar menjadi Accurate Partner. Justru Anda berpeluang mendapatkan fee menarik apabila berhasil melakukan banyak transaksi.

Banyak jalan menuju Roma, banyak pula cara mendapatkan modal usaha yang bisa Anda coba. Apapun pilihan yang Anda ambil, semoga hal tersebut bisa membantu Anda untuk segera mengumpulkan modal dalam jumlah cukup dan mengembangkan usaha rumahan Anda. Semoga berhasil!