Selama ini, gaya hidup milenial identik dengan keborosan dan kebiasaan konsumtif. Generasi milenial dinilai lebih sering mengalokasikan uang yang mereka punya untuk kesenangan seperti membeli game device atau pergi liburan. Padahal, sebenarnya generasi milenial pun sudah mulai menerapkan cara-cara pintar untuk mengelola keuangan mereka agar lebih stabil. Nah, agar tidak menjadi generasi yang dicap boros, simak pembahasan mengenai gaya hidup milenial yang patut dicontoh berikut ini.

Punya Pendapatan Tetap

Memasuki usia produktif sudah sewajarnya generasi milenial menjadi mandiri secara finansial. Ciri utama mandiri finansial adalah memiliki penghasilan sendiri. Lebih baik lagi jika penghasilan tersebut merupakan pendapatan tetap. Pendapatan tetap artinya Anda punya penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa menjadi milenial yang sukses jika tidak punya pendapatan tetap. Sambil mencari pekerjaan tetap, cobalah untuk melakukan part-time atau pekerjaan lepas (freelance). Bisa juga dengan menambah skill baru untuk menambah kualitas diri. Yakinlah, akan selalu ada jalan bagi mereka yang tekun berusaha dan tidak menyerah.

Sudah Siap Dana Darurat

Gaya hidup lain yang sebaiknya dilakukan oleh milenial adalah mempersiapkan dana darurat. Kebiasaan inilah yang sering terlewat. Banyak milenial yang enggan merencanakan dana darurat karena mereka cenderung tidak berpikir panjang. Mereka hidup untuk saat ini dan tidak mau pusing dengan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di masa mendatang.

Menyiapkan dana darurat bisa dimulai dengan kebiasaan menabung. Sisihkan sedikit penghasilan Anda dalam tabungan khusus. Anda bisa memasukkannya pada instrumen keuangan yang tidak terlalu mudah dicairkan seperti deposito atau tabungan berjangka. Dengan begitu, dana darurat Anda akan aman dan terhindar dari kebutuhan yang sifatnya konsumtif.

Baca Juga :  Ingin Lanjut Kuliah? Ikuti Cara Menabung Biaya Kuliah S2

Mulai Menabung untuk Dana Pensiun

Selain dana darurat, Anda juga sebaiknya mulai menabung dana pensiun saat masuk dalam usia produktif. Tidak ada istilah terlalu dini untuk mulai mengumpulkan dana pensiun. Semakin awal justru semakin baik. Nah, bagaimana cara untuk mengumpulkan dana pensiun bagi generasi milenial?

Anda bisa mulai dengan membuat akun khusus dana pensiun. Penghasilan yang disisihkan tidak harus langsung besar jumlahnya. Ingat pepatah lama, “sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit.” Dalam mengumpulkan dana pensiun, kuncinya adalah konsisten. Anda bisa menambah tabungan secara bertahap saat menerima kenaikan gaji.

Tertarik untuk Investasi

Gaya hidup milenial yang perlu dicontoh berikutnya adalah melakukan investasi. Dengan berinvestasi, Anda sudah meminimalisir risiko yang mungkin terjadi di masa mendatang. Lalu, instrumen investasi mana yang sebaiknya dipilih generasi milenial?

Sekarang ini, ada banyak sekali instrumen investasi yang bisa dipilih. Ada yang memiliki risiko besar (high risk) namun mendatangkan imbal hasil besar (high return). Namun, ada juga yang minim risiko (low risk) namun imbal hasilnya kecil (low return). Bagi yang baru mulai memiliki penghasilan sendiri, disarankan untuk memilih investasi yang low risk, low return.

Ada banyak sekali instrumen low risk, low return yang bisa dipilih, misalnya reksadana. Anda juga bisa memilih instrumen yang dapat menjadi alat lindung nilai seperti emas. Terlebih saat ini sudah banyak platform yang menyediakan layanan tabungan emas untuk investasi emas yang terjangkau.

Punya Pekerjaan Sampingan yang Fleksibel

Terakhir, generasi milenial juga disarankan untuk memiliki pekerjaan sampingan. Generasi milenial saat ini masuk dalam usia produktif dan tergolong dalam usia muda. Bisa diartikan, mereka masih memiliki tenaga dan kemampuan yang lebih baik dibandingkan generasi di atasnya. Keunggulan tersebut sebaiknya dimanfaatkan dengan baik. Nah, melakukan pekerjaan sampingan adalah salah satu caranya.

Baca Juga :  5 Kegiatan Produktif untuk Membantu Pengangguran Dapat Pekerjaan

Saat ini ada banyak sekali pekerjaan sampingan yang fleksibel. Anda bisa melakukannya kapan saja saat memiliki waktu senggang. Salah satu contohnya adalah menjadi Accurate Partner. Accurate Partner adalah program afiliasi dari Accurate. Dengan menjadi Accurate Partner, Anda bisa mendapatkan pemasukan tambahan saat berhasil menjual software atau produk-produk lain dari merchants yang ada di Accurate.

Nah, itulah beberapa contoh gaya hidup milenial yang patut dicontoh untuk kondisi finansial yang stabil. Bagi Anda yang ingin mendapat penghasilan tambahan, jangan ragu untuk bergabung dalam program Accurate Partner. Yuk, mulai gaya hidup milenial yang produktif dengan menjadi bagian dari Accurate!