Secara umum,dana darurat adalah dan yang disisihkan khusus untuk keperluan daruratdan tidak boleh digunakan untuk kebutuhan lain kecuali benar-benar mendesak. Kondisi darurat datang tanpa peringatan, tidak ada yang bisa tahu kapan bahaya atau musibah akan datang. Oleh karena itu, kamu perlu memilikidana daruratyang cukup dan bisa dicairkan kapan saja. Apa saja manfaatdana daruratini dan bagaimana cara mengumpulkannya bagi anak muda? Simak ulasannya berikut.

Manfaat Dana Darurat

Dan darurat ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan, terutama ketika kamu tertimpa hal yang tidak diinginkan seperti sakit, bencana alam, PHK massal, hingga biaya untuk memperbaiki kendaraan dan properti yang rusak tiba-tiba. Dan darurat adalah jaring pengaman untuk situasi seperti ini.

Kamu juga terhindar dari utang berkat dana darurat. Bukan mungkin utang malah akan membuat pengeluaran membengkak. Selain itu,dana darurat yang cukup akan membuat kamu lebih tenang menghadapi sesuatu yang tak pasti.

Cara Menghitung Dana Darurat

Cara menghitung dana daruratmungkin agak berbeda bagi setiap orang. Misalnya saja, jumlahdana daruratmenikah dengan pasangan yang sudah menikah tentu berbeda, dong. Namun, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan:

  • Bagi kamu yang melajang, sebaiknya persiapkan dana darurat paling tidak enam kali lipat dari kontes bulanan.
  • Jika sudah menikah, setidaknya besaran dana darurat adalah sembilan kali lipat kontes bulanan.
  • Bagi yang sudah menikah dan punya anak, dana darurat yang pas adalah 12 kali dari jumlah kontes bulanan.
  • Jangan lupa untuk melihat sekitar 20% dari penghasilan untuk dialokasikan ke dalam dana darura, yat.

Bikin Rekening Beda

Langkah selanjutnya setelah melakukan perhitungan dana daruratadalah membuat rekening berbeda. Dalam artian, pisahkan antara rekening untuk tabungan, untuk kebutuhan sehari-hari, dan satu rekening untuk kebutuhan darurat. Dalam membuat rekeningdana darurat, mengawasi lembaga keuangan atau perbankan yang memberikan biaya administrasi yang kecil.

Baca Juga :  Ingin Rintis Usaha Rumahan? Begini Cara Mendapatkan Modal Usaha

Mengalokasikan Dana Darurat

Lalu, bagaimana kiat untuk mengalokasikan dana daruratini? Sederhanya,dana daruratadalah jumlah uang yang harus ada setiap saat. Tidak masalah apakah kamunya saat baru menerima gaji atau di akhir bulan. Dengan catatan, kamu harus konsisten dengan besaran dan waktu untuk mengalirkandana darurat ke rekening khusus tersebut.

Akan tetapi, lebih baik bila kamu menjelajahinya langsung saat menerima gaji. jadi, kamu tidak perlu khawatir uang tersebut akan terpakai tanpa sengaja. Coba pula untuk memanfaatkan sistem autodebet yang langsungdan tabungan kamu untuk dialokasikan ke dana darurat secara otomatis.

Jangan Lupa Berinvestasi

Ketika kamu masih memiliki uang lebih untuk persiapan dana darurat, tak ada salahnya untuk melindunginya. Caradana darurat adalah saat membagi total dana daruratyang terkumpul jadi dua. Satu porsi untuk ditabung dan satu porsi lagi untung diinvestasikan.

Beberapa pilihan investasi yang cocok untuk anak muda di antaranya adalah deposito, properti, emas, hingga pasar uang. Ada pula yang saat ini berinvestasi dalam bentuk mata uang kripto. Namun, ini tidak disarankan karena rentan dengan ketidakpastian dan pasar bisa berubah dengan cepat. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memilih investasi yang aman dan menguntungkan agar semua kebutuhan terpenuhi.

Cari Pendapatan Tambahan

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan dana daruratadalah dengan mencari tambahan pendapatan, terutama jika kamu memiliki waktu luang yang cukup. Namun, jangan sampai pekerjaan sampingan untuk mendapatkan tambahan yang mengganggu pekerjaan utama, ya. Kamu bisa memanfaatkan hobi untuk menambah pendapatan.

Misalnya saja jika kamu punya hobi fotografi, kamu bisa menjual hasil jepretanmu di berbagai situs. Lalu, bagi yang hobi membaca tak ada salahnya untuk mencoba menjadi seorang penulis lepas. Bagi kamu yang punya kemampuan bernegosiasi dan percaya diri bertemu dengan orang banyak, bisa memulai usaha sebagai agen penjualan.

Baca Juga :  5 Jawaban Mengapa Penting Sekali untuk Punya Passive Income

Salah satunya adalah dengan menjadi Accurate Partner . Keunggulannya di sini adalah kamu bisa memulainya tanpa modal. Kamu tidak perlu khawatir mengenai kemampuan yang dimiliki dengan menjual produk Accurate Online . Sebab, nantinya kamu akan mendapatkan pelatihan secara gratis sampai kamu bisa menguasainya. Begitu juga dengan fee yang didapatkan pun sesuai dengan hasil pekerjaan yang dilakukan. Tertarik mengikutinya?