Liburan sekolah adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh semua siswa. Namun, terkadang kita bingung mengisi waktu selama libur sekolah agar tidak bosan di rumah. Terlebih lagi di masa pandemi dan dibatasinya kegiatan di masyarakat. Setidaknya, kamu bisa mencoba kegiatan-kegiatan berikut ini. Apa sajakah itu? Simak ulasannya di bawah ini sampai habis, ya.

Coba Hobi Baru

Kegiatan libur sekolah sangat cocok untuk mencoba hobi baru dari sebelumnya kamu tidak menyukainya atau belum pernah melakukannya sama sekali. Jika kamu suka bermain dengan hewan peliharaan, cobalah untuk menjajal hobi lain yang tidak kalah serunya. Merawat tumbuhan atau bercocok tanam di rumah jadi beberapa contoh hobi yang bisa kamu coba.

Saat ini, kegiatan berkebun ini juga bisa dilakukan di lahan yang sempit sekalipun. Caranya dengan menggunakan metode hidroponik. Ada banyak jenis tanaman yang bisa kamu coba, mulai dari tanaman obat-obatan, tanaman hias, dan sebagainya.

Mulai Olahraga Rutin

Selama libur sekolah, ini saat yang tepat untuk memperbaiki kondisi kesehatan. Caranya adalah dengan mencoba olahraga secara rutin di pagi hari. Dengan olahraga, tidak hanya tubuh saja yang menjadi segar, pikiran pun akan lebih fresh dan kamu lebih bisa untuk berkonsentrasi dengan baik. Ketika semua organ tubuh sehat, maka kamu juga akan lebih semangat untuk melakukan sesuatu.

Sebagai permulaan, sebaiknya hindari olahraga berat. Mulailah dari olahraga ringan terlebih dahulu dan awali dengan peregangan yang cukup. Lalu, lakukan olahraga seperti jogging keliling kompleks perumahan, bersepeda, atau melakukan yoga di rumah agar pikiran menjadi tenang. Jangan lupa untuk imbangi kondisi tubuh setelah olahraga dengan makanan yang sehat dan bernutrisi.

Baca Juga :  5 Pertanyaan Wajib Saat Mencari Pekerjaan Freelance

Baca Buku Dan Belajar Hal Baru

Membaca buku tentu mengasyikkan untuk mengisi waktu selama libur sekolah. Jika selama sekolah kamu hanya belajar tentang buku materi pelajaran, maka untuk kali ini kamu bisa bebas membaca buku dari banyak genre. Bisa membaca novel, cerpen, atau komik kesayangan hingga berbagai jilid. Lalu, latih juga kemampuan menulismu dengan meresensi buku yang dibaca misalnya.

Sebagai gambaran, kamu bisa coba membaca buku tentang resep dan masakan. Nah, setelah itu, kamu bisa mempraktikkannya di rumah bersama keluarga atau dengan mengajak teman. Kamu pun bisa menikmati makanan tersebut bersama-sama. Bahkan, kalau kamu jadi jago memasak, kamu bisa menjual hasil kreasimu kepada orang lain dan menjadikannya penghasilan tambahan selain mengisi waktu.

Main Game dengan Teman

Main game kini menjadi aktivitas di era digital bagi anak muda maupun dewasa. Kegiatan ini bisa menjadi alternatif terbaik untuk menyegarkan pikiran selama libur sekolah dan di rumah saja. Ada banyak jenis yang bisa kamu pilih, mulai dari game tradisional seperti Monopoli, kartu Uno, dan Ular Tangga bersama keluarga di rumah hingga game online.

Meski kerap dianggap sepele, ternyata bermain game ini memiliki manfaat bagi kita. Misalnya saja mengasah otak dan kecerdasan saat bermain game board. Begitu juga ketika bermain game online, kamu dituntut untuk bekerjasama dan menyusun strategi bersama teman untuk memenangkan sebuah permainan. Namun, perlu diingat ketika bermain game ini sebaiknya kamu jangan lupa waktu, ya! Harus pula diimbangi dengan kegiatan lainnya.

Apalagi bagi kamu yang sedang menjalani belajar secara online. Pastikan semua kegiatan sekolah sudah terselesaikan dengan baik. Barulah, setelah itu kamu bisa bermain game bersama teman maupun keluarga di rumah. Jangan sampai kegiatan bermain game ini mengganggu belajarmu nanti.

Baca Juga :  Daftar Pajak yang Harus Dibayarkan Saat bisnis E-Commerce Naik Daun

Jadi Relawan

Terakhir, kegiatan yang bisa kamu lakukan selama libur sekolah adalah menjadi relawan. Ada banyak kegiatan volunteer di sini, misalnya menjaga kelestarian lingkungan hingga menjadi tenaga penyuluh di masyarakat. Meskipun upah yang didapatkan tidak begitu banyak, kamu tetap bisa mendapatkan pengalaman berharga.

Dari sini, kamu juga diasah untuk lebih peka lagi terhadap lingkungan sosial sekitarmu. Hal ini juga akan menumbuhkan empati dan semangat tolong-menolong di kemudian hari. Bahkan, kamu bisa menginspirasi orang lain untuk berbuat sesuatu yang lebih baik dan berguna untuk sesama.

Sebenarnya, selain kelima hal di atas, kamu juga bisa melakukan kegiatan selama liburan sekolah lainnya yang menghasilkan uang. Salah satunya dengan menjadi Accurate Partner untuk dapat menjual produk Accurate Online. Caranya pun mudah, kamu hanya menawarkan produk dari kami kepada khalayak secara online. Lumayan untuk menambah penghasilan, kan? Jadi, kegiatan mana dulu yang akan kamu coba? Semoga bermanfaat, ya!