Di era digital seperti sekarang, mencari penghasilan tambahan sebenarnya tidaklah susah. Salah satu caranya adalah dengan menjadi seorang freelancer. Pekerjaan ini bahkan bisa dilakukan oleh seorang pemula. Lalu, bagaimana cara menjadi freelancer pemula supaya bisa cepat mendapat cuan besar dan tak kalah saing dengan yang lain? Berikut beberapa langkahnya yang perlu untuk kamu ketahui dan terapkan.

Tentukan Passion

Sebagai langkah awal, kamu wajib mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi kelebihan dan keterampilan kamu. Biasanya, passion ini terasah melalui hobi. Contoh saja, kamu hobi membaca dan ingin jadi seorang penulis lepas. Ada juga yang hobi fotografi dan menjual hasil jepretannya di situs gratis

Nah, bagi kamu yang suka desain grafis juga punya banyak kesempatan untuk menjadi freelancer dengan cuan tinggi. Cara menjadi freelancer pemula di bidang desain grafis bisa kamu mulai dengan ikut lomba desain logo, kemasan, dan sebagainya. Meskipun kamu tidak berhasil menjadi juara terbaik, setidaknya kamu memiliki portofolio dan pengalaman setidaknya.

Cari Tahu Sistem Pengupahan dan Besaran Kontrak Project

Setelah kamu mengetahui apa minat yang akan dipilih, selanjutnya adalah mengetahui sistem pengupahan dan besaran kontrak yang ada. Di sini, kamu harus jeli dalam melihat harga yang ditawarkan. Pastikan harga tersebut sudah sesuai dengan apa yang dikerjakan dan sesuai dengan jerih payahmu.

Lalu, perhatikan kontrak yang ada dengan saksama. Apakah pengupahan dilakukan per proyek atau mengikuti sistem lain seperti per bulan dan sebagainya. Jangan ragu pula untuk membandingkan harga yang ditawarkan oleh freelancer lain untuk perbandingan awal. Jadi, kamu bisa menentukan harga yang tepat sesuai kemampuan.

Kualitas Adalah Hal Penting

Cara menjadi freelancer pemula berikutnya adalah mempertahankan kualitas. Ingat, mempertahankan kualitas ini bukanlah hal yang mudah. Jadi, usahakan kamu untuk selalu belajar mempertahankannya. Lebih bagus lagi jika meningkatkan kualitas hasil yang dikerjakan. Dengan begitu, klien akan senang terhadap kinerja dan hasil yang dikerjakan. Tak menutup kemungkinan kontrak pekerjaanmu akan diperpanjang dan kamu menjadi prioritas untuk dipilih kembali bila ada proyek selanjutnya.

Baca Juga :  6 Tips Perencanaan Keuangan Bagi Para Sandwich Generation

Dalam menjaga kualitas ini, kamu haruslah memiliki sikap terbuka. Artinya, kritik dan saran yang ada atas kekurangan bukanlah menjadi halangan. Justru itu menjadi penyemangat untuk memperbaiki diri dan juga kualitas pekerjaan.

Bangun Branding Diri

Banyak freelancer yang walau memiliki pengalaman dan kinerja yang baik, tetapi susah mendapatkan proyek. Hal ini bisa saja dikarenakan freelancer tersebut belum maksimal dalam membangun branding. Padahal, cara menjadi freelancer pemula adalah dengan membangun branding.

Kamu bisa melakukan branding melalui media sosial maupun situs yang menyediakan layanan freelancer. Bangunlah portofolio terbaikmu, pastikan infonya singkat namun mampu menarik perhatian calon klien. Misalnya, kamu pernah bekerjasama dengan brand besar dan proyek terkenal lainnya. Jika ini kamu cantumkan, tentu ini akan menjadi nilai lebih bagi klien untuk mempertimbangkanmu memenangkan project yang ditawarkan.

Rajin Melakukan Networking

Selain branding, lanjutkanlah dengan membangun jaringan yang luas. Kamu bisa mengikuti komunitas freelancer sesuai dengan bidang yang kamu ambil. Bisa lewat online di grup media sosial atau tatap muka lewat gathering. Biasanya, komunitas ini akan melaksanakan pertemuan secara rutin.

Dari sini, kamu bisa bertanya-tanya berbagai macam hal perihal tawaran freelance hingga informasi tentang proyek. Semakin banyak komunitas dan networking yang kamu ikut, maka semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan cuan tinggi.

Selalu Upgrade Dirimu

Cara menjadi freelancer pemula yang bisa menang dari kompetisi sengit adalah selalu upgrade. Ingat, untuk menjadi lebih baik, ada kalanya kamu tidak merasa cepat puas dengan hasil yang diraih. Justru semakin besar kesempatan yang ada di depan, kamu juga harus meningkatkan kemampuan diri.

Misalnya saja menggunakan tools pendukung yang terupdate. Kemudian, selalu rajin mengikuti tren perkembangan bidang yang kamu tekuni, baik itu dalam dunia fotografi, literatur, hingga desain grafis. Jangan lupa untuk selalu mengecek website yang menyediakan proyek freelance sesuai yang kamu inginkan.

Baca Juga :  6 Tips Bisa Kerja Full Time Sekaligus Kerja Sambilan

Ada banyak jalan dan cara menjadi freelancer pemula yang sukses, bukan? Nah, salah satu pekerjaan freelance yang bisa kamu coba adalah dengan menjadi Accurate Partner untuk menjual Accurate Online. Pekerjaan ini memang mudah, dan bisa dilakukan oleh siapa saja saat senggang. Selain itu, anti ribet dengan proses administrasi. Kamu hanya tinggal memasarkan produk saja dan raih penghasilan tambahanmu sekarang juga. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik di sini.