Menyambut semester perkuliahan yang baru memang mendebarkan. Banyak yang bilang saat memasuki jenjang ini, kamu sudah selangkah maju menuju proses pendewasaan. Tak hanya itu, semua hal yang ada di kuliah berbeda jauh dengan apa yang kamu pernah alami semasa sekolah. Baik itu dari sistem belajarnya, pergaulannya, hingga aktivitasnya yang sangat berbeda.

Karena itu, sebelum memulai masa perkuliahan, kamu wajib menyiapkan 5 barang persiapan kuliah berikut ini. Barang-barang persiapan kuliah ini menunjang proses belajar kamu semasa berstatus mahasiswa. Semakin kamu merasa siap untuk berkuliah, otomatis kamu juga semakin semangat untuk belajar. Supaya lebih konsentrasi kuliah, siapkan 5 barang persiapan kuliah ini!

Laptop

Barang persiapan kuliah yang pertama adalah laptop. Seiring perkembangan zaman, barang elektronik ini menjadi kebutuhan pokok mahasiswa. Laptop digunakan untuk mengerjakan tugas, mencari bahan untuk presentasi, main game untuk melepas penat, dan pastinya belajar. Apalagi di masa pandemi, kehadiran laptop sangat dibutuhkan karena kini 100% kegiatan perkuliahan dilakukan secara digital. Selain itu, laptop sifatnya juga lebih praktis, sehingga mahasiswa bisa membawanya ke mana-mana. Laptop yang dimiliki tak harus yang mahal, kok, asal fungsinya sudah memenuhi kebutuhan perkuliahan saja.

Alat tulis

Meski semua tugas dan belajar kini sudah banyak melibatkan laptop, tetap saja mahasiswa baru wajib memiliki alat tulis. Alat tulis yang wajib disiapkan adalah pulpen, pensil, penghapus, penggaris, stabilo, hingga buku tulis atau binder. Disarankan menggunakan binder karena isiannya bisa diganti saat semester juga berganti. Alat tulis ini digunakan untuk mahasiswa mencatat pelajaran atau menulis catatan pengingat semasa perkuliahan berlangsung.

Pakaian dan Sepatu

Salah satu perbedaan yang paling mencolok dari kuliah dan sekolah adalah pakaian dan sepatu yang dikenakan. Saat zaman sekolah, pakaian sampai sepatunya harus seragam demi terlihat rapi dan tidak ada jenjang sosial antara murid-murid yang lain. Di bangku kuliah, mahasiswa bebas mengenakan pakaian dan sepatu yang mereka inginkan.

Baca Juga :  Sibuk Kerja dan Urus Anak? Ini Tips Manajemen Waktu Ibu Rumah Tangga

Meski sudah dibebaskan, malah banyak mahasiswa yang kebingungan memutuskan OOTD alias Outfit of the Day yang mereka kenakan sehari-hari. Supaya tak bingung, Anda cukup siapkan pakaian yang esensial saja. Pakaian yang harus disiapkan antara lain kaos, celana panjang atau rok panjang, kemeja, dan tentunya sneakers yang nyaman. Dengan pakaian dan sepatu yang nyaman, Anda pun makin bisa konsentrasi saat masa perkuliahan berlangsung. Jangan lupa juga untuk menyiapkan pakaian yang formal seperti kemeja dan celana bahan jika diminta presentasi!

Smartphone

Persiapan kuliah yang tak boleh ketinggalan selanjutnya adalah smartphone. Tak bisa dipungkiri, seiring perkembangan digital yang pesat, beberapa kampus juga makin memajukan teknologi mereka dalam proses perkuliahan. Beberapa kampus saja sudah mengadakan sistem menyusun SKS hingga absen lewat aplikasi.

Aplikasi ini biasanya hadir untuk smartphone supaya bisa lebih mudah digunakan oleh mahasiswanya. Smartphone juga mendukung kegiatan belajar mahasiswa, lho. Apalagi di masa pandemi ini di mana kegiatan belajar diadakan secara online. Sehingga, untuk mahasiswa yang laptopnya sedang rusak atau berhalangan menggunakan laptopnya langsung bisa tetap mengikuti kegiatan kegiatan perkuliahan lewat smartphone mereka.

Flash disk

Mahasiswa juga wajib memiliki flash disk. Kini, banyak dosen yang memberi materi lewat PPT. Dengan memiliki flash disk, mahasiswa bisa langsung meminta materi yang diajarkan oleh dosennya. Fungsi flash disk juga untuk menyimpan tugas yang sudah dikerjakan juga untuk membawa file PPT untuk dipresentasikan di depan kelas. Jangan lupa untuk sering-sering scan flash disk dengan antivirus menghindari virus-virus berbahaya yang bisa merusak laptop Anda, ya!

Persiapan kuliah memang terdengar lebih banyak dibandingkan sekolah. Percayalah, dengan matangnya persiapan kuliah ini, kamu juga jadi lebih bisa konsentrasi kuliah. Sayangnya, tak semua mahasiswa baru mampu menyiapkan barang-barang di atas karena harganya yang mahal. Jangan berkecil hati, kamu bisa mencoba peruntungan menjadi Accurate Partner, agen atau mitra penjualan resmi dari Accurate yang merupakan software accounting. Anda bisa mendapatkan fee menarik dan tentunya jam kerja yang fleksibel, sehingga tak akan mengganggu jadwal kelas kamu. Tertarik menjadi Accurate Partner? Informasi selengkapnya klik di sini.

Baca Juga :  Mau Tahu Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun? Ini Tipsnya