Membangun rumah impian adalah cita-cita semua orang. Apalagi rumah merupakan kebutuhan pokok semua umat manusia. Namun, pembangunan rumah impian ini seringkali terhambat dana. Untungnya kini banyak bank yang menawarkan Kredit Kepemilikan Rumah atau KPR.

KPR sendiri berarti fasilitas kredit yang diberikan oleh bank kepada para nasabah perorangan untuk membeli atau memperbaiki rumah. Sama seperti pengajuan kredit lainnya, pengajuan KPR juga membutuhkan sejumlah uang muka atau Down Payment (DP). Jumlah DP ini bisa bermacam-macam, biasanya berkisar 10% dari harga rumah yang diinginkan. 

Dengan membayar DP terlebih dahulu, setidaknya Anda sudah mengamankan rumah tersebut agar tidak dibeli orang lain. Supaya bisa menabung DP KPR rumah, simak langkah-langkahnya berikut ini, yuk!

Tetapkan Goal DP Rumah 

Langkah pertama menabung DP KPR rumah adalah menetapkan goal DP rumah. Jika Anda sudah mengetahui harga rumah yang ingin Anda beli, Anda pun bisa menetapkan goal DP rumahnya. Kini, Bank Indonesia menetapkan minimal DP rumah adalah 10% dari harga rumahnya. Jika rumah yang ingin dibeli harganya Rp 500 juta, maka DP yang harus dibayarkan sebesar Rp 50 juta. 

Jika sudah membayar DP tersebut, maka Anda tinggal membayar sisa Rp 450 juta lagi. Dari sini, Anda bisa melihat semampu apa Anda membayar cicilan rumah per bulannya. Semakin banyak jumlah yang dibayarkan, tenor atau masa cicilannya juga akan semakin pendek.

Buka Rekening Baru Khusus DP Rumah

Saat Anda menabung untuk DP KPR rumah, dilarang untuk mencampurnya dengan tabungan lain seperti tabungan pensiun atau tabungan untuk investasi! Bukan tanpa sebab, saat tabungan untuk DP KPR rumah dijadikan satu dengan tabungan lain, Anda akan kesulitan untuk membedakan tujuan dari tabungan tersebut. 

Baca Juga :  Tahapan Lapor SPT, Hati-hati dengan Sanksi Tegas Jika Tak Taat!!

Untuk menghindari tabungan yang tercampur, sebaiknya Anda buka rekening baru khusus untuk DP rumah. Kehadiran rekening baru ini akan menghindari Anda menggunakan uang untuk keperluan lain. Tabungan DP KPR rumah ini bisa dianggarkan sekitar 30% dari penghasilan Anda termasuk bonus tahunan dan THR.

Mulai Berhemat

Demi mencapai target rumah, mulai sekarang Anda harus berhemat. Bagaimana cara Anda bisa berhemat? Anda bisa melakukan pemotongan beberapa pengeluaran dalam anggaran keuangan. Misalnya dengan menghentikan sementara tabungan pension dan alokasikan dananya ke tabungan DP KPR rumah Anda. 

Hentikan juga pengeluaran-pengeluaran yang rasanya kurang penting, lalu berbelanja hanya bahan-bahan pokok saja. Dengan mulai berhemat, pastinya Anda akan menemukan dana lebih yang bisa ditambahkan ke dalam tabungan DP KPR rumah Anda.

Pisahkan Porsi Tabungan untuk Investasi

Meskipun sedang fokus menabung untuk DP KPR rumah, jangan sampai investasi terhenti. Setidaknya sisakan sedikit anggaran untuk investasi Anda. Sama halnya dengan DP rumah, akan lebih baik bila Anda memisahkan porsi tabungan dan investasi dengan cara membuat rekening secara terpisah. Itulah mengapa Anda harus lebih mengikat pinggang agar kedua pos keuangan ini bisa tetap terisi, ya.

Tambah Tabungan dengan Pekerjaan Sampingan 

Merasa penghasilan kurang cukup untuk tabungan DP KPR rumah, tabungan investasi, belum lagi kebutuhan bulanan? Satu-satunya cara adalah mencukupinya dengan pekerjaan sampingan. Carilah pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan utama Anda dan juga menawarkan fee yang menarik. Tak perlu jauh-jauh mencari, Anda bisa bergabung ke Accurate Partner dan menjadi agen Accurate.

Accurate Partner adalah agen atau mitra penjualan resmi dari Accurate yang menjual produk resmi Accurate Online yang merupakan software accounting. Untuk menjadi Accurate Partner, pendaftarannya tidak mengeluarkan biaya sepeser pun. Fee yang ditawarkan pun menarik, semakin banyak jumlah transaksi yang terjadi, semakin besar pula pendapatan yang akan diterima. 

Baca Juga :  Mau Kuliah Sambil Kerja? Begini Caranya Agar Kamu Tidak Keteteran

Tak punya latar belakang sales? Tenang, ada bantuan secara profesional untuk menjawab pertanyaan selama jam operasional kerja. Hal terpenting, menjadi Accurate Partner juga tak akan mengganggu jam kerja karena waktunya fleksibel. Tertarik bergabung? Klik informasi selengkapnya di sini. Itulah langkah-langkah sukses menabung DP KPR rumah. Selamat mencoba dan waktunya untuk mendapatkan rumah impian Anda!