Internet bukan hanya menjadi tempat untuk mencari hiburan dan informasi. Siapa sangka, kehadiran internet justru bisa membantu Anda untuk menghasilkan uang tambahan. Terlebih lagi mencari cuan dari internet tidak membutuhkan modal yang besar, beberapa bahkan tidak membutuhkan modal sama sekali. Penasaran? Simak berikut ini 7 cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal.

Ikut Survey Berbayar

Salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal yang mungkin belum banyak orang tahu adalah mengikuti survey berbayar. Pekerjaan ini tidak membutuhkan keterampilan khusus, sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja. Biasanya survey berbayar dilakukan bila suatu perusahaan sedang merencanakan untuk merilis produk baru, sehingga perlu opini dari target pasar.

Uang yang dihasilkan dari survey berbayar masih belum terlalu banyak dibandingkan dengan pekerjaan lepas lain. Seringkali bahkan upah dari survey berbayar tidak berbentuk uang, melainkan berbentuk voucher belanja atau pulsa telepon tergantung kebijakan penyelenggara survey.

Buat Konten di YouTube

Mungkin cara ini merupakan cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal yang paling diminati, terutama oleh kalangan anak muda. Cukup berbekal kamera ponsel dan koneksi internet, Anda bisa menciptakan konten sesuai dengan minat Anda. Oleh karena itu, cara satu ini sangat diminati karena Anda bisa menghasilkan uang sambil melakukan hobi Anda.

Cara menghasilkan uang dengan YouTube adalah melalui sponsorship atau endorsement, afiliasi, Google AdSense, sampai jadi partner toko untuk jual barang. Penghasilan Anda tentunya tergantung berapa banyak orang yang menonton video Anda dan juga berapa banyak subscribers yang setia menanti video baru dari Anda.

Aktif Posting di Media Sosial

Hampir sama dengan menjadi YouTuber, Anda cukup bermodalkan ponsel dan koneksi internet saja. Triknya adalah menghadirkan konten yang unik agar Anda bisa membangun fanbase Anda. Dari fanbase inilah nantinya Anda akan meningkatkan engagement.

Baca Juga :  Langkah Pintar Menjaga Keuangan Tetap Stabil Saat Bayi Baru Lahir

Sedikit berbeda dengan YouTube, penghasilan melalui media sosial paling utama datang dari kontrak endorsement yang Anda dapatkan. Nilai kontrak endorsement Anda tentunya tergantung dari jumlah followers Anda dan tingginya tingkat engagement akun media sosial Anda.

Bikin Podcast

Hampir sama dengan dua cara yang disebutkan sebelum ini, membuat podcast adalah suatu cara mendapatkan uang dari internet yang berhubungan dengan kreasi konten. Konsep dari podcast hampir sama dengan menjadi penyiar radio karena yang dibutuhkan saat membuat konten adalah suara Anda saja.

Namun, dibandingkan dengan membuat konten untuk YouTube dan media sosial, mungkin podcast belum bisa memberikan penghasilan yang sama banyaknya. Untuk saat ini, penghasilan dari podcast baru didapatkan melalui sponsorship produk. Hal ini pun juga tergantung dari jumlah pendengar podcast Anda.

Jual Barang Bekas

Cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal yang satu ini mungkin merupakan cara yang benar-benar tidak membutuhkan uang sepeser pun karena Anda cukup menjual barang bekas milik Anda sendiri. Barang bekas yang dijual di internet memiliki julukan sendiri, yaitu preloved items. Cara yang satu ini sering disebut sebagai “thrifting” yang diambil dari kata thrift shop atau pasar loak. Model bisnis ini terutama sangat populer di kalangan anak muda.

Saat ini, sudah banyak website khusus yang menjual barang bekas dalam bentuk apapun seperti OLX atau Carousell. Anda cukup mendaftarkan diri di website barang bekas pilihan Anda kemudian unggah produk yang Anda jual.

Jual Stok Foto

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, Anda bisa menjual hasil foto Anda untuk mendapatkan uang tambahan. Hasil foto Anda akan dijadikan stok foto bagi situs-situs seperti Pixabay, Shutterstock, iStockphoto. Situs-situs ini nanti yang akan membayar hasil jepretan Anda. Foto yang Anda ambil juga tidak harus menggunakan kamera yang mahal. Jika Anda jago mengambil gambar dengan kamera ponsel, maka hasil foto tersebut bisa dijual.

Baca Juga :  6 Tips Bagi Anak Muda untuk Jadi Mandiri Finansial

Jadi Agen di Accurate

Cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal yang terakhir adalah dengan menjadi agen penjualan resmi Accurate Online atau yang biasa disebut Accurate Partner. Untuk menjadi Accurate Partner sama sekali tidak dibutuhkan modal, bahkan Anda akan diberikan pelatihan dan media promosi gratis dari Accurate Online.

Sebagai agen di Accurate, Anda akan mendapatkan total fee sebesar Rp1 juta untuk setiap paket aktivasi Accurate Online yang berhasil dijual. Fee ini akan diberikan pada bulan pertama dan ketiga. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan berbagai fee tambahan lainnya. Tunggu apa lagi, segera bergabung menjadi Accurate Partner sekarang!