Kuliah sambil kerja adalah pilihan banyak mahasiswa yang lagi butuh uang tambahan untuk membayar biaya kuliah atau sekadar untuk menambah pengalaman. Sementara kuliah sambil kerja mungkin dilakukan jika tersedia kesempatan, kamu harus tahu cara melakukannya dengan benar agar tidak keteteran. Ingat, kuliah tetaplah menjadi prioritas utama sehingga kamu tidak boleh menyepelekannya hanya karena bekerja. Mari sinak beberapa cara agar kamu tidak kewalahan jika ingin kuliah sambil kerja berikut!

Utamakan kesehatan

Kuliah bisa menjadi prospek yang menantang dan mengasyikkan, terutama bagi kamu yang baru saja menyelesaikan sekolah menengah atas. Sementara universitas menciptakan potensi untuk pertemanan baru dan kemandirian, bagi beberapa orang, pengalaman ini cukup menakutkan. Situasi bisa semakin memburuk jika kamu memutuskan untuk kuliah sambil kerja yang membuat waktu tidak hanya dihabiskan untuk menyelesaikan tumpukan tugas kuliah, namun juga tuntutan pekerjaan.

Untuk menekan stres dan kondisi negatif lainnya, kamu wajib mengutamakan kesehatan. Mengkonsumsi makanan bergizi, berolahraga, cukup tidur di malam hari, hingga menyisihkan waktu untuk tidur siang singkat saat istirahat makan siang jadi upaya yang perlu kamu lakukan. Mengutamakan kesehatan dengan cara-cara tersebut memungkinkan peningkatan kinerja otak dan tubuh. Kamu juga akan mengalami peningkatan pada daya ingat dan produktivitas, fokus, serta membantumu memproses informasi lebih cepat.

Atur waktu agar pekerjaan tidak mengganggu belajar

Agar kamu bisa kuliah sambil kerja tanpa mengganggu perkuliahan, kamu harus mampu mengatur waktu dengan baik. Caranya bisa dengan menyusun jadwal untuk mengetahui prioritas dan jumlah waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan semua tugas kuliah dan kewajiban pekerjaan.

Semakin rinci kalender atau jadwal yang kamu buat, semakin besar kemungkinan kamu bisa mengikuti jadwal tersebut dengan tepat waktu. Pastikan untuk mengisi semua jadwal, termasuk waktu kelas, waktu kerja, waktu belajar, tanggal jatuh tempo, janji temu, dan kewajiban lainnya. Dengan begitu, kamu akan tahu persis kapan kamu akan memiliki waktu luang sehingga kamu dapat menjadwalkan waktu untuk bersosialisasi yang sesuai.

Baca Juga :  5 Barang Persiapan Kuliah yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Baru

Ambil kelas online jika bisa

Kamu bisa memilih untuk mengambil kelas online jika memiliki waktu yang terbatas. Khususnya jika kamu sudah memiliki pekerjaan full time atau part time yang tidak hanya membatasi kemampuan untuk menyelesaikan beban kuliah, namun juga fleksibilitas jadwal untuk menghadiri jadwal kelas offline atau tatap muka.

Sebagian orang mungkin punya tanggung jawab keluarga yang membuatnya sulit untuk berkomitmen pada jadwal kuliah penuh waktu. Apapun alasannya, kamu bisa mencoba mengambil kelas online, jika bisa. Ini akan membuatmu lebih nyaman untuk kuliah sambil kerja, kamu pun jadi punya waktu yang lebih fleksibel untuk belajar dan menyelesaikan perkuliahan.

Maksimalkan penggunaan teknologi agar lebih produktif

Sebagian orang berpikir bahwa dengan tidak menggunakan teknologi dapat meningkatkan fokus dan produktivitas. Namun kenyataannya, teknologi juga sangat bermanfaat untuk membuat sebagian besar tugas menjadi lebih sederhana dan lebih cepat. Apalagi kalau kamu ingin kuliah sambil kerja, kamu perlu memaksimalkan penggunaan teknologi agar bisa lebih produktif.

Contoh, kamu bisa menggunakan internet untuk mencari berbagai informasi yang kamu butuhkan, baik untuk materi kuliah atau pekerjaan, melalui portal pencarian seperti Google. Bekerja lewat laptop, tablet, dan smartphone juga semakin memberi kemudahan untuk bekerja dari mana saja dan telah menghasilkan lingkungan kerja yang fleksibel seperti freelancing atau bekerja dari rumah.

Pilih pekerjaan freelance

Ada banyak pilihan pekerjaan freelance yang bisa kamu ambil untuk kuliah sambil kerja. Karena kamu masih harus fokus belajar untuk menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah, ada baiknya kamu memilih pekerjaan freelance yang fleksibel dan bisa dikerjakan dari rumah. Salah satu rekomendasinya adalah dengan menjadi Accurate Partner atau agen Accurate.

Baca Juga :  6 Kerja Sampingan di Rumah Secara Online Tanpa Modal

Digunakan oleh lebih dari 400.000 pengguna UKM dan pelaku bisnis di seluruh Indonesia, menjadi agen Accurate akan memberikanmu profit yang terjamin. Jumlah pendapatan untuk setiap paket aktivasi accurate online yang berhasil dijual angkanya mencapai Rp1 juta. Kamu bisa bekerja dengan nyaman dari rumah atau dari mana saja tanpa mengganggu aktivitas kuliah. Menarik, bukan?

Nah, itulah tadi beberapa cara agar kamu bisa kuliah sambil kerja tanpa keteteran. Jangan lupa untuk segera daftarkan dirimu sebagai agen Accurate untuk mendapatkan berbagai keuntungannya, ya. Semoga bermanfaat!