Biaya sekolah di zaman sekarang tidak bisa lagi dibilang murah. Mulai dari jenjang TK saja, para orang tua sudah harus menyiapkan dana yang cukup besar untuk menyekolahkan sang anak. Sementara itu, pemerintah Indonesia sendiri mewajibkan anak-anak untuk menyelesaikan pendidikan hingga jenjang SMA atau sederajat. Tentunya ini juga penting demi masa depan buah hati. Para orang tua tidak perlu khawatir, simak 5 solusi menyiapkan dana pendidikan anak di bawah ini.

Cari Program Beasiswa

Cara pertama untuk menyiasati biaya sekolah yang mahal adalah dengan mendapatkan beasiswa bagi buah hati Anda. Beasiswa ini biasanya bermacam-macam, ada yang menutupi semua biaya sekolah tanpa terkecuali, ada juga yang hanya menutupi beberapa elemen saja dari keseluruhan biaya sekolah. Namun pada umumnya, beasiswa akan menggratiskan biaya uang muka dan uang bulanan sekolah atau SPP (sumbangan pembinaan pendidikan). Ada beberapa beasiswa yang bahkan menutupi biaya praktikum hingga biaya buku.

Beasiswa bisa didapatkan dari berbagai macam cara. Beberapa program beasiswa memiliki persyaratan berupa prestasi akademik, prestasi olahraga (misalnya beasiswa yang didapatkan karena menjadi juara pertandingan), atau prestasi di bidang seni (contohnya dengan menjadi perwakilan negara untuk kompetisi menari di luar negeri). Apapun caranya, sebagai orang tua, kita harus tekun mencari informasi tentang beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sang anak.

Mulai Buka Investasi

Jika beasiswa belum dirasa jadi solusi yang tepat bagi Anda maupun si kecil, cara berikutnya adalah dengan mulai berinvestasi. Berbeda dengan menabung, investasi bisa memberikan return yang lebih besar jika Anda menanamkan investasi di tempat yang tepat. Akan tetapi, bagi Anda yang masih pemula, Anda disarankan untuk mulai dengan modal investasi yang kecil.

Baca Juga :  Langkah Pintar Menjaga Keuangan Tetap Stabil Saat Bayi Baru Lahir

Salah satu contoh investasi yang memiliki risiko kecil adalah investasi emas. Investasi emas adalah jenis investasi yang paling stabil dan memiliki potensi untuk menghasilkan return yang besar. Jika Anda sudah berpengalaman dengan investasi, maka Anda bisa melakukan investasi lainnya seperti saham, reksadana, properti, P2P lending, dan lain sebagainya. Pastikan Anda sudah menimbang semua risikonya dan memiliki pengetahuan yang cukup soal investasi.

Menabung Dana Pendidikan Sejak Dini

Bagi Anda yang belum merasa percaya diri untuk melakukan investasi, Anda bisa menabung dana pendidikan untuk biaya sekolah anak Anda sejak dini. Dewasa ini, banyak orang tua yang sudah mulai menabung biaya sekolah sejak momen kelahiran anak. Mengingat biaya sekolah yang naik cukup pesat setiap tahunnya, menabung bisa memastikan Anda mempunyai cukup biaya untuk membayar biaya sekolah anak. Sekadar informasi, saat ini inflasi dana pendidikan berkisar antara 15% per tahun.

Solusi menabung ini sangat cocok bagi orang tua yang memiliki penghasilan cukup besar yang stabil setiap bulannya. Bagi yang belum memiliki penghasilan besar, tabungan dana pendidikan kadang terpaksa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari yang mendesak, sehingga tabungan lama-lama semakin menipis. Untuk Anda yang masih bisa menabung, pastikan untuk menyisihkan sebagian porsi dari gaji Anda untuk biaya sekolah anak.

Ambil Pinjaman Dana Pendidikan

Apabila Anda berada dalam keadaan terdesak untuk membayar biaya sekolah anak, Anda bisa mencoba mengambil pinjaman dana pendidikan. Sekarang ini sudah semakin banyak jenis pinjaman yang bisa Anda telusuri. Salah satu pilihan pinjaman yang paling populer sekarang adalah pinjaman online.

Pinjaman online cocok bagi Anda yang membutuhkan dana mendesak karena dana Anda bisa cair dalam hitungan jam saja. Tidak perlu khawatir akan penipuan, pinjaman online sekarang sudah banyak yang diverifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga terjadi keamanannya.

Baca Juga :  6 Alasan Kenapa Banyak Orang Ingin Membuka Usaha Sendiri

Memiliki Bisnis Sampingan

Untuk Anda yang merasa penghasilannya kurang cukup dan tidak ingin terlilit utang, Anda bisa mendapatkan tambahan pendapatan dari bisnis sampingan yang Anda miliki. Bisnis sampingan ini bentuknya bermacam-macam, salah satunya yang bisa dilakukan tanpa modal awal adalah dengan menjadi agen penjualan online. Pekerjaan sampingan ini bisa dilakukan oleh semua orang, mulai dari pelajar yang sedang mencari biaya kuliah sampai orang tua yang ingin menabung untuk biaya sekolah anak.

Salah satu program agen penjualan online yang menguntungkan adalah Accurate Partner. Accurate Partner adalah mitra penjualan resmi Accurate Online, sebuah software akuntansi. Tidak perlu keterampilan akuntansi untuk menjadi seorang Accurate Partner, Anda pun bisa meraup komisi menguntungkan. Untuk informasi lebih jelas, kunjungi laman Accurate Partner dan daftarkan diri Anda sekarang juga!