Biaya hidup yang terus meningkat kerap kali membuat kita sibuk berhemat. Namun, hidup itu hanya sekali dan harus kita nikmati selagi bisa. Selain berhemat, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah mengambil kerja sambilan sambil bekerja full time. Memangnya bisa? Tentu saja! Tidak perlu khawatir Anda akan jadi terlalu sibuk dan tidak punya waktu luang. Berikut ini ada 6 tips untuk bisa mengatur waktu kerja full time dengan kerja sambilan Anda. 

Ungkap dengan atasan dan rekan kerja

Tips ini sebetulnya penting sekali dilakukan supaya Anda tidak dianggap kurang profesional. Namun, ada baiknya Anda teliti lagi kontrak serta peraturan di tempat Anda bekerja, apakah memperbolehkan karyawannya untuk memiliki kerja sambilan. 

Jika Anda sudah merasa yakin, coba katakan saja dengan atasan dan rekan kerja Anda. Beritahu atasan Anda bahwa kerja sambilan Anda tidak akan mengganggu performa dan jam kerja Anda. Lalu, rekan kerja juga perlu tahu supaya mereka bisa mengimbangi alur kerja Anda. 

Buat jadwal harian yang detail

Jadi pekerja full time sekaligus freelance itu tidak mudah, lho, apalagi jika Anda tipe orang yang sangat menghargai konsep work life balance. Jika Anda ingin bisa bekerja produktif tanpa mengorbankan waktu istirahat, sebaiknya Anda mulai membenahi jadwal harian Anda. Tidak seperti sebelumnya, Anda benar-benar harus membuat jadwal harian yang spesifik, terutama bila Anda sedang bekerja dari rumah. Buat daftar kegiatan per jam, seperti contoh sederhana berikut ini:

  • [09:00-17:00] Pekerjaan full time
  • [17:00-17:30] Perjalanan pulang ke rumah
  • [17:30-19.30] Beres-beres rumah dan mandi
  • [19:30-20:00] Makan dan cuci piring
  • [20:00-22:00] Pengerjaan proyek freelance
  • [22:00-23:00] Free time
  • [23:00-07:00] Tidur
Baca Juga :  6 Faktor Mengapa Wanita Juga Harus Mengelola Keuangan Pribadi

Prioritaskan pekerjaan full time

Tidak masalah untuk memiliki pekerjaan full time sambil kerja sambilan. Syaratnya hanya satu, Anda tetap harus memprioritaskan pekerjaan full time Anda. Kenapa begitu? Pekerjaan full time menjamin Anda punya pendapatan tetap per bulannya, tidak seperti kerja sambilan yang upahnya tidak menentu. 

Terlebih bila pekerjaan full time Anda memberikan gaji yang lebih besar, tentunya jangan sampai kerja sambilan membahayakan posisi pekerjaan full time Anda. Jika memang ada pekerjaan kantor yang belum selesai dikerjakan atau mendekati deadline, lebih baik Anda berhenti sejenak dari pekerjaan sampingan Anda. 

Mulai pelan-pelan

Salah satu kesalahan yang dilakukan oleh para freelancer pemula adalah lapar mata, alias langsung mengambil banyak proyek tanpa mempertimbangkan jadwal kerja. Alhasil, pekerjaan full time jadi terbengkalai, klien pekerjaan freelance juga tidak puas dengan kinerja Anda. Hindari kejadian seperti ini dengan memulai kerja sambilan secara pelan-pelan. Ambil satu atau dua proyek dulu supaya Anda juga bisa membiasakan diri. Lalu, hitung juga kira-kira durasi kerja sambilan sebagai pertimbangan Anda ketika akan mengambil proyek baru. 

Tegas dengan jam istirahat pribadi

Bekerja full time sekaligus kerja sambilan bukan berarti Anda harus membuang segala waktu personal Anda, ya. Jangan sampai kesehatan fisik dan mental Anda menjadi korbannya. Lagipula, pikiran yang suntuk dan tubuh yang lelah malah akan membuat Anda kurang fokus dalam bekerja. Pastikan Anda sudah mengikuti jadwal dengan baik. Katakan tidak bila ada pekerjaan tambahan yang sebenarnya di luar tanggung jawab Anda.

Ambil pekerjaan freelance yang mudah dijalani

Tips andalan ketika Anda ingin mengambil pekerjaan sampingan sambil bekerja penuh waktu adalah selalu ambil pekerjaan freelance yang mudah. Pilih yang sesuai dengan kemampuan Anda. Walaupun upahnya tidak begitu besar, lama-lama akan jadi gunung. Nah, jika Anda khawatir work life balance Anda terganggu, Anda bisa bergabung menjadi Accurate Partner. 

Baca Juga :  5 Rekomendasi Kegiatan Positif Selama Libur Sekolah

Tugas Accurate Partner adalah memasarkan dan menjual software akuntansi Accurate Online ke UKM dan bisnis di sekitarnya. Anda bisa bekerja di mana saja dan kapan pun Anda mau, tanpa terikat kontrak dan bebas biaya registrasi. Untuk setiap aktivasi Accurate Online yang berhasil Anda jual, Anda akan mendapatkan Rp1 juta. Cukup menarik, kan? Mudah dan menguntungkan, segera bergabung jadi Accurate Partner!