Terlepas dari latar belakang Anda, sekarang ini menjadi masa yang sangat sulit untuk mendapat pekerjaan. Sementara ekonomi yang tidak merata di seluruh dunia membuat banyak orang kesulitan untuk bekerja, pandemi COVID-19 semakin memperburuk keadaan.
Meskipun kenyataan sebagai pengangguran tidak bisa Anda kontrol, Anda bisa mengatur bagaimana reaksi Anda terhadap masalah ini. Dalam kondisi sulit ini, masih ada banyak cara untuk tumbuh dan tetap penuh harapan. Setidaknya ada 5 kegiatan produktif untuk membantu pengangguran agar bisa mendapat pekerjaan. Berikut informasinya!

Ambil kursus bahasa online

Mencari cara untuk meningkatkan keterampilan kerja saat menganggur adalah cara yang baik untuk menjadi tetap produktif. Carilah sertifikasi atau pelatihan yang bisa Anda ikuti, terutama yang ditawarkan secara gratis. Salah satu contohnya adalah dengan mengambil kursus bahasa online. Menyegarkan resume dan meningkatkan keterampilan kerja dapat membuat proses melamar kerja jadi lebih mudah. Kemampuan untuk berbicara bahasa asing akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan dan keunggulan atas kandidat monolingual lainnya. Mengetahui bahasa kedua meningkatkan peluang bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan di antara sekelompok kandidat lain dengan kemampuan serupa. Jadi, jika selama ini Anda belum punya waktu untuk mengambil kelas kursus bahasa Inggris online, sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukannya.

Perdalam hobi

Prestasi, pengalaman, dan kualifikasi Anda selama bertahun-tahun dapat diringkas dengan cukup cepat dan seringkali hanya menggambarkan sebagian kecil dari pribadi Anda. Minat dan hobi adalah hal yang benar-benar menceritakan kisah tentang siapa Anda sebagai individu dan yang akan membuat Anda bersinar di ruang wawancara.
Hobi yang Anda miliki menunjukkan kepribadian, kreativitas, dorongan, hasrat, dan bakat tersembunyi yang Anda punya. Hobi dapat menunjukkan bahwa Anda sosok yang sosial, bergaul baik dengan orang lain, dapat memecahkan masalah, dan berdedikasi pada hal-hal yang Anda inginkan. Oleh karena itu, dalam proses mencari pekerjaan, Anda perlu memperdalam hobi untuk meninggalkan kesan terbaik.
Mumpung lagi menganggur, Anda bisa mengambil waktu ini untuk memperdalam hobi dan memasukkannya ke dalam resume untuk semakin meningkatkan peluang diterima kerja. Siapa tahu, saat memperdalam hobi, Anda justru melihat peluang bisnis dan jadi bisa bekerja sendiri.

Baca Juga :  Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Begitu Punya Anak

Coba kerja part-time atau magang

Jika Anda saat ini menganggur dan merasa tidak nyaman karenanya, pertimbangkan untuk mencari pekerjaan part-time atau magang sebagai kegiatan produktif yang membantu Anda melewati masa sulit ini. Duduk di rumah dan melamar pekerjaan mungkin adalah salah satu cara untuk maju, namun kesehatan mental juga dapat terpengaruh. Seiring waktu, Anda mungkin merasa rendah diri yang berpuncak pada depresi dan ini hanya akan mempersulit proses mencari pekerjaan.
Jadi, pertimbangkan untuk mengambil pekerjaan part-time atau magang jika Anda perlu menjadi lebih produktif untuk menghabiskan waktu secara strategis. Sebagai pengangguran, aktivitas ini dapat memberi pengalaman dan dorongan untuk meningkatkan kepercayaan diri yang berkurang saat terlalu lama menganggur. Memiliki pekerjaan part-time menempatkan Anda pada situasi yang lebih baik, secara finansial dan mental, daripada menjadi pengangguran.

Aktif ikut job fair atau seminar gratis

Meskipun berjejaring bukan kegiatan produktif favorit Anda, namun ini adalah salah satu langkah paling cerdas yang dapat Anda lakukan saat menganggur karena merupakan metode terbaik yang terbukti untuk menemukan pekerjaan. Anda harus fokus pada sikap atau attitude. Maksudnya, jangan setengah hati pergi ke acara jaringan seperti job fair atau seminar gratis karena itu hanya akan membuat Anda pulang tanpa bertemu dan mendapatkan kontak orang baru.

Jika Anda bersikap proaktif dan terbuka terhadap pengalaman, Anda tidak pernah tahu siapa yang mungkin akan Anda temui dan dapat membantu Anda dalam mencari pekerjaan. Ingat, jaringan juga tidak hanya bisa dibentuk dalam acara publik saja. Setiap kali Anda keluar rumah, itu adalah peluang baru untuk membangun jaringan. Jadi, bersiaplah dengan membawa kartu nama dan membuat koneksi di mana saja.

Baca Juga :  5 Alasan Jadi Accurate Partner, Kerja Sampingan Tanpa Modal

Buka bisnis kecil-kecilan di rumah

Kegiatan produktif terakhir yang bisa Anda lakukan saat menganggur adalah membuka bisnis kecil-kecilan di rumah. Ada banyak jenis bisnis kecil-kecilan di rumah yang bisa Anda jalankan, salah satunya dengan menjadi Accurate Partner. Accurate yang merupakan accounting software seperti Accurate Online ini membuka peluang pekerjaan sebagai agen yang terbuka bagi berbagai kalangan, mulai dari anak sekolahan, konsultan, hingga ibu rumah tangga.
Sebagai Accurate Partner, Anda bisa berjualan dengan mudah tanpa perlu memiliki kemampuan mendalam soal akuntansi. Software yang sangat user-friendly ini memberikan banyak manfaat, termasuk pendaftaran gratis dan total fee Rp1 juta untuk setiap paket aktivasi yang berhasil dijual.
Jadi, kegiatan produktif mana yang ingin Anda lakukan selagi menganggur seperti sekarang? Semoga Anda selalu semangat untuk mendapat pekerjaan terbaik, ya.